Pemanfaatn E-Learning dan Peran TIK dalam Perguruan Tinggi (PT)

Peranan TIK dalam proses pendidikan kedepannya bisa dikatakan mengalami pertumbuhan kepentingan yang sangat signifikan.kemajuan teknologi dan infomasi di Indonesia merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh kita selaku peneran pendidikan Indonesia. Untuk menghadapi tantangan ilmu tersebut, kita perlu mempersiapkan diri untuk mengahadapi kemajuan teknologi tersebut. Dewasa ini perkembangan teknologi tidak hanya digunakan oleh para pejabat tinggi Negara, orang yang mempuyai riwayat computer saja, tepapi segala kelangan sekarang membutuhkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada saat ini perkembangan dunia teknologi sudah menjalar ke dalam dunia pendidikan. Dari tingkatan SD sampai SMA pun sekarang menggunakan teknologi dalam memberikan konsep pendidikannya. Tidak terkecuali ditingkat perguruan tinggi. Perguruan tinggi harus memanfaatkan perkembangan IT dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan penyelenggaraan layaran yang berkualitas. Dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di tingkat perguruan tinggi, TIK mengambil peranan yang sangat penting, karena TIK dapat meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi. Selain itu, TIK juga merupakan alat transformasi yang bila digunakan secara tepat, dapat mempromosikan pergeseran menuju lingkungan belajar yang berpusat.
Lamhot Naibaho dalam artikenya yang berjudul Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi menyatakan bahwah terdapat manfaat teknologi dalam perguruan tinggi, yaitu:
1.      TIK memotivasi mahasiswa untuk belajar.
Perkembangan teknologi memberikan arti sendiri bagi para mahasiswanya. Mahasiswa dalam menyerap ilmu tidak hanya berpandangan ke dosennya saja. Tetapi mereka bisa melihat banyak warna dalam perkembangan dunia teknologi. Sehingga dalam taraf ini para mahasiswa tidak jenuh dalam mengikuti perkuliahan di dalam kelas. 
2.      Memfasilitasi penguasaan keterampilan dasar
Dalam hal ini mahasiwa dapat menggunakan alat teknologi, dalma hal ini adalah laptop. Di laptop mahasiswa dapat membuat sebuah keterampilan dasar, seperti di pait, adobe photoshop, adobe premier, dan aplikasi lainnya yang dapat mendukung krativitas mahasiswa. Di sini peran teknologi adalah untuk memfasilitasi perkembangan kreativitas mahasiswa tersebut. 
3.      Meningkatkan prestasi akademik mahasiswanya
Seiring dengan perkembangan TIK diperguruan tinggi, mahasiswa bisa lebih gampang dalam mengakses segala informasi yang dibutuhkan yang berkaitan dengan apa yang sedang dipelajari.
4.      Menigkatnya daya saing PT serat citra PT
Dewasa ini perkembangan daya saing antara perguruan tinggi meningkat derastis. Untuk memikat hati dari para konsumen maka diperlukan keunggulan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Perkembangan teknologi di dunia perguruan tinggi dapat membantu perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswanya.
Proses pembelajaran dengan TIK bisa membuat bergesernya metode lama yaitu metode teacher center menjadi ke student center. Karena pada saat ini informasi dapat diambil dimana saja, dan mahasiswa dapat mengambil bahan informasi di internet. Biasanya pada zaman ini para dosen tidak banyak memberikan materi. Mereka meminta mahasiswa untuk mencari infomarsi sebanyaknya guna untuk menjelaskan materi di dalam presentasi.

NB : Dari berbagai Sumber 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Studi Kasus tentang Pemanfaatan ICT dalam Pendidikan

Usia; Bukan Tentang Angka, Tapi Tentang Guna